Cari Blog Ini

Selasa, 21 Mei 2013

PROSES PENCIPTAAN ADAM AS

   Alloh melengkapi penciptaan adam dengan 7 rongga atau lubang di bagian kepala dan dua lubang pelepasan di badan bagian bawah. Tujuh lubang di bagian kepala itu berupa dua ronggaa mata , dua rongga telinga, dua rongga hidung, dan sebuah rongga mulut.

   Tujuh rongga yang terletak di bagian kepala sekaligus berfungsi sebagai panca indra, mata sebagai indra penglihatan , hidung sebagai indar penciuman, telinga sebagai indra pendengar, mulut sebagai indra pengecap serta kulit sebagai indra perasa.
 
   Tanah yang akan di jadikan adam oleh alloh sebelumnya di campuri dengan air tawar, air asin , air anyir, angin dan api. Setelah berwujud menjadi patung adam, Alloh meniupkaan berbagai sifat ke dalam adam . Lalu Alloh menggenggamnya dengan genggaaman JABARUT , lantas diletakkan di alam malakut.

   setelah di uraikan di atas , tanah yang akan di jadikan adam merupakan tanah pilihan yang di campuri bumbu bumbu wewangian dan nur sifat Alloh. juga di irm dengan air hujan dan di rendam dengan air KUDRATUL IZZAH NYA. Yakni sifat jalal dan jamal.
Alloh berfirman ;


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ هَلْ أَتَىٰ عَلَى الْإِنْسَانِ حِينٌ مِنَ الدَّهْرِ لَمْ يَكُنْ شَيْئًا مَذْكُورًا

" Bukankah telah datang atas manusia satu waktu dari masa, sedang dia ketika itu belum merupakan sesuatu yang dapat disebut? " qs. 76 - 1

   Menurut penjelsan ulama patunga adam di selubungai tanah selama 120 athun. Empat puluh tahun di selubungi tanah kering, 40 tahun di selubungi tanah basah , dan 40 tahun di selubungi tanah yang berbau. Kemudian alloh mengubahnya menjadi wujud dan rupa yang mulia.
sebelum di rubah begitu malaikan memandang adaam remeh , lantaran wujudnya yang kurang meyakinkan . Mereka berfikir kenapa adam yang akan menjadi kholifah di muka bumiproses kejadianya tidk sama dengan mereka yang di ciptakan dari cahaya.

   Ruh pun waktu dsuruh emasuki patung adm, mula mula enggan, ruh tadi mengitari patung adam yang di kitari oleh para malaikat,. Melihat itu , Alloh memerintahkan malaikat izroil untuk memaksa ruh untuk memasuki patung adam. Dengan terpaksa ruh pun memasuki patung adam yang pada batas kepalanya aja memerlukan waktu 200 tahun.
 
   begitulaah Alloh memberikan kekuatan kepada malaikat izroil, dulu malaikat izroil yang memungut tanah untuk di jadikan adam, kini izroil yang sanggup memaksa ruh untuk memasuki patung adam. Dan kelah malaikat izroil pulang yang di tugsi oleh Alloh untuk mencabu ruh dari adam.

   Setelah ruh memasuki adam sebatas kepala , maka saat itulah terbentulah otak dan jaringan saraf dengan sempurna. kemudian terbentuk mata yang saat itu sempet melirik kepada malaikatdan bagian tubuhnya yang masih berupa patung yang keras. Lalu terbentuklah telinga yang saat itu bisa mendengarkan para malaikat yang bertasbih memuji Alloh dengan lagu yang merdu dan syahdu.

   Begtu ruh sampai di rongga hidungnya,serta merta adam bersin yang bersamaan dengn itu mulutnya trbuka . Lalu Alloh mengajari adam melafalkan ALHAMDULILLAH . dAN ITULAH UCAPAN ADAM PERTAMA KALI DI HADAPAN ALLOH TA`ALA .
Selanjutnya Alloh mengucapkan YARKHAMUKALLOH , yang artinya semoga kamu mendapatkan rahmat Alloh.
bermula dari itulah apabila kita bersin maka di sunatkan membaca alhamdulillah dan yang mendengarkan di sunatkan membaca yarkhamukalloh .

   Manakala ruh sampai di dada, tiba tiaba adam hendak bangkit padahal bagian dada kebaah masih dalam keadaan masih berupa patung tanah, itu pertanda bagi manusia akan ke tidak sabaranya
Simak firman alloh berikut ini





Dan manusia mendo'a untuk kejahatan sebagaimana ia mendo'a untuk kebaikan. Dan adalah manusia bersifat tergesa-gesa. QS. 17-11

   Kemudian ketika ruh merambah samapai ke perut, saaat itu juga telah terbentuk seluruh jaringan dan isi perut. Bahkan saat itu pula adam merasa lapar, setelah itu ruh merambat terus perlahan tapi pasti, samapai kaki tangan dan bagian lainya. Bersamaan itu terbentuk pula jarinagn darah , syafap, otot tulang daging kulit secara utuh dan sempurna.

   julukan bagi adam adalah abul BASYAR , artinya bapak manusia, sedangkan nabi muhammad swa berjulukkan ABUL RUH

  KEMBALI KEPADA KISAH NABI ADAM AS, SEBAGAI MANUSIA PERTAMA IA DI CIPTAKAN OLEH ALLOHMDENGAN WAJAH SIMPATIK DAN TAMPAN. sampai para malaikat terkagum kagum melihatnya . mereka tidak menyangka makluk yang tercipta dari tanah menjadi makluk yang begitu simpatik dan tampan mempesona. dengan porstur tubuh yang sempurna.. Apalagi ketika adam memakai pakaian kebesaran surga yang bertahtakan intan berlian. Dengan pakaian tersebut adam nampak anggun lebih berwibawa dan karismatik, bak seorang raja atau kholifah. adam duduk di singgasana yang berlapis emas dan intan berlian di kitari para malaikat. Selanjutnya empat malaikat mengusung singgasana adam di ikuti oleh malaikat lain untuk di perkenalkan di lagit pertama sampai langit ketujuh dan terakhir kesurga.

   di surga itulah adam menyaksikan semua ciptaan alloh . Begitu besar dan agung kerajaan alloh yang meliputi langit dan bumi , pikirnya. Menurut suatu kisah, perjalanan malaikat mengarak nabi adam itu dari lagit pertama sampai ke tujuh itu memakan waktu selama 100 tahun. . Akirnya adam di tempatkan kembali di surga. tempat adam diciptakan . Lalu datanglah malaikat jibril dengan mengendarai kendaraan surga yang menyerupai kuda, kuda itu berbulu hijau kumbang berkilauan dengan sepasaang sayap besar lagi indah.  Tubuhnay memmancarkan aroma surga, dn anehnya kuda tersebut bisa berbicara seperti layaknya manusia. Selain jibril yang memegangi kendali dipunggung kuda surga itu duduk pula malaikat mikail di sebelah kana damn malaikat isrofil di sebelah kiri.

   Selnjutnya dikisahkan bahwa setiap kali adam ketemu dengan malaikat adam selalu mengucapkan salam dan di balas oleh setiap malaikat yang mendengarnya. kemudia malaikat itu mengarak adam as.

   Alloh berkata kepada adam " wahai adam , begitulah penghormatan buatmu yang akan menurun kepada anak cucumu sampai hari kiamat "


   demikian riwayat nabi adam sampai di surga .
salam damai semuanya
moga di rahmati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar